RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : SDN 108 Pompanua
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IV / 2
Materi Pembelajaran : Gaya
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit
I. Standar Kompetensi : Memahami Gaya dapat mengubah gerak dan / atau bentuk
suatu benda.
II. Kompetensi Dasar : Menyimpulkan hasil percobaan Gaya (dorongan dan tarikan)
dapat mengubah gerak suatu benda.
III. Indikator :
A. Kognitif
1. Produk : Siswa dapat melakukan percobaan gaya dorongan dan tarikan.
2. Proses : Siswa dapat menjelaskan hasil percobaan gaya dorongan dan
tarikan.
B. Psikomotor : Siswa dapat mendemonstrasikan gaya dorongan dan tarikan.
C. Afektif :
1. Karakter : Siswa dapat melakukan kerja sama dan tanggung jawab dalam
kelompok.
2. Keterampilan
Sosial : Menanggapi hasil kerja kelompok lain.
IV. Tujuan Pembelajaran :
A. Kognitif
1. Produk : Melalui percobaan, siswa dapat menyimpulkan gaya dorongan
dan tarikan.
2. Proses : Melalui percobaan, siswa dapat menjelaskan perubahan gaya
dorongan dan tarikan.
B. Psikomotor : Siswa dapat mendemonstrasikan gaya dorongan dan tarikan.
C. Efektif
1. Karakter : Keaktifan dalam pembelajaran siswa dapat melakukan kerja
sama dan tanggung jawab.
2. Keterampilan
Sosial : Dengan diskusi siswa dapat berkomunikasi dan bertanya.
V. Materi Ajar
Pengertian Gaya adalah suatu dorongan dan tarikan.
Jenis-jenis Gaya :
1. Gaya Dorongan.
2. Gaya Tarikan.
3. Gaya Gesekan.
4. Gaya Pegas.
5. Gaya Gravitasi.
Contoh-contoh Gaya :
1. Gaya Dorongan : Mendorong meja, menendang bola, mendorong mobil.
2. Gaya Tarikan : Menarik gerobak, menarik pintu, menarik benang layang-
layang.
VI. Model dan Metode Pembelajaran
a. Model : Kooperatif (tipe STAD)
b. Metode : Tanya jawab, diskusi, demonstrasi.
VII. Sumber/Media Pembelajaran
A. Sumber : Standar isi 2006 buku Sains kelas IV halaman 112 – 117
B. Media : - Bola
- Kelereng
- Ketapel
- Kaleng
- Pintu
- Meja
VIII. Proses Belajar Mengajar dan Skenario Pembelajaran
A. Pendahuluan
Kegiatan | Waktu |
1. Membaca doa sebelum belajar. 2. Mengecek kehadiran siswa. 3. Tanya jawab tentang materi yang lalu. 4. Menyampaikan tujuan pembelajaran. | 5 menit |
B. Inti
Kegiatan | Waktu |
1. Guru memperlihatkan gambar beberapa macam gaya untuk diamati oleh siswa. 2. Guru bertanya apa yang dimaksud “Gaya”. 3. Guru menjelaskan pengertian “Gaya”. 4. Siswa dibagi 3 kelompok dan setiap kelompok terdiri dari 3 – 4 siswa. 5. Siswa mendemonstrasikan tentang Gaya terhadap suatu benda. 6. Guru membagikan LKS untuk dikerjakan secara berkelompok. 7. Guru meminta siswa mempresentasikan hasil diskusinya. | 20 menit |
C. Akhir
Kegiatan | Waktu |
1. Guru menyimpulkan materi pelajaran. 2. Guru memberi pesan-pesan moral. | 5 menit |
IX. Penilaian :
1. Teknik penilaian : tertulis
2. Bentuk penilaian : proses (unjuk rasa)
3. Instrumen :
4. Kunci jawaban :
5. Pedoman Penskoran :
- Instrumen
Isilah tabel berikut dan berilah tanda ceklis ( √ ) sesuai dengan gambar
No. | Nama Benda | Tarikan | Dorongan |
1. 2. 3. 4. 5. | Bola Meja Gerobak Mobil Sepeda | √ √ | √ √ √ √ |
- Kunci Jawaban
1. Dorongan
2. Tarikan dan dorongan
3. Tarikan
4. Dorongan
5. Dorongan
- Pedoman Penskoran
Keterangan : Setiap jawaban benar nilainya 1, jumlah skor 10.
Jumlah perolehan
---------------------- x 100
Jumlah skor
- Daftar Pustaka
Haryanto. 2004. Sains. Jakarta: Erlangga.
www.smasim_09webs.com
0 komentar:
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
Posting Komentar