LEMBAR KERJA SISWA
( L K S )
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V / I
Hari/Tanggal :
Alokasi Waktu : 1 x 35 menit (1 x pertemuan)
Nama Kelompok :
Nama Anggota kelompok : 1.
2.
3.
4.
Judul : Membaca puisi.
A. Kompetensi Dasar : 3.3 Membaca puisi dengan lafal yang tepat.
B. Indikator : Siswa dapat membaca puisi dengan lafal yang tepat.
C. Tujuan Pembelajaran : Mampu membaca puisi dengan lafal yang tepat.
D. Rumusan Masalah : Apakah “penglafalan” yang tepat benar untuk membaca puisi?
E. Hipotesis : Jika menggunakan lafal yang tepat pada pembacaan puisi,
maka makna puisi tersampaikan dengan jelas.
F. Variabel : Lafal dan puisi.
G. Perencanaan
Eksperimen : Mempersiapkan puisi, tempat dan lain-lain.
H. Alat dan Bahan : Beberapa contoh puisi.
I. Langkah-langkah
Kegiatan :
· Perhatikan petunjuk dari guru
· Lakukan pembacaan puisi bersama teman kelompokmu!
J. Pengamatan : Menggunakan lembar pengamatan.
K. Analisis : Menganalisis kemampuan siswa menerima materi.
L. Kesimpulan : Dengan menggunakan lafal yang tepat dalam pembacaan
puisi, maka arti atau makna puisi tersampaikan dengan jelas.
M. Penerapan : Siswa terampil dan dapat membaca puisi sehingga dapat
menjuarai disetiap perlombaan baca puisi.
Daftar Pustaka : Suyatno, H. dkk. 2008. Indahnya Bahasa dan Sastra
Indonesia. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
Soal Latihan (tes praktik)
· Lakukan membaca puisi dengan menggunakan lafal yang tepat!
Kunci Jawaban
· Unsur yang dinilai adalah pelafalan
· Skor bergerak 10 – 50
Pedoman Penskoran :
Jumlah skor perolehanNilai Akhir = ------------------------------- x 10
Jumlah skor maksimal
www.smasim_09webs.com
0 komentar:
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
Posting Komentar