RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : SDN 51 Arajang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V / I
Alokasi Waktu : 1 x 35 menit (1 x pertemuan)
I. Standar Kompetensi : 3 Memahami teks percakapan, membaca cepat 75 kata/
menit dan membaca puisi.
II. Kompetensi Dasar : 3.3 Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.
III. Indikator :
A. Kognitif
1. Produk : Siswa dapat membaca puisi dengan lafal yang tepat.
2. Proses : Perwakilan kelompok mampu membaca puisi dalam satu bait
dengan lafal yang tepat.
B. Psikomotorik : Siswa mampu membaca satu baris puisi dengan lafal yang
tepat.
C. Afektif :
1. Karakter : Setiap kelompok mampu mendiskusikan secara jujur tanpa
intervensi dari kelompok lain dalam pembacaan puisi sesuai teknik yang baik.
IV. Tujuan Pembelajaran :
A. Kognitif
1. Produk : Mampu membaca puisi dengan lafal yang tepat.
2. Proses : Perwakilan dari setiap kelompok mampu membaca puisi.
B. Afektif
1. Karakter : Siswa mengajukan pertanyaan dengan santun.
2. Keterampilan
Sosial : Siswa mengajukan pertanyaan tentang cara membaca puisi
dengan lafal yang tepat.
V. Materi Ajar
Membaca Puisi
Pada saat membaca puisi yang harus diperhatikan adalah :
· Pengucapan pada setiap kata harus jelas.
· Disesuaikan kuat dan lemahnya, tinggi rendahnya, panjang pendeknya nada setiap kata.
· Ekspresikan setiap kata sesuai dengan makna katanya.
· Gerak yang wajar sesuai dengan makna katanya.
· Pandangan mata tidak terpaku pada saat membaca teks.
VI. Model dan Metode Pembelajaran
a. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan langkah-langkah sebagai berikut :
· Membentuk kelompok kerja.
· Menyajikan pelajaran.
· Memberi tugas pada setiap kelompok.
b. Metode Pembelajaran
· Tanya jawab dan pemberian tugas.
VII. Sumber/Media Pembelajaran
A. Sumber :
· Standar isi KTSP 2006.
· Buku paket Bahasa Indonesia (Indahnya Bahasa dan Sastra Indonesia) kelas V halaman 49, 50 dan 51.
B. Media :
· Car (Contoh puisi)
VIII. Proses Belajar Mengajar dan Skenario Pembelajaran
A. Pendahuluan
Kegiatan | Waktu |
Guru menyiapkan kelas : 1. Mengecek kehadiran siswa. 2. Berdoa. 3. Apersepsi. 4. Menyampaikan tujuan pembelajaran (indikator). 5. Membuka pelajaran dan melakukan tanya jawab. | 1 1 1 1 1 |
B. Inti
Kegiatan | Waktu |
1. Guru menyajikan puisi. 2. Siswa ditugaskan membaca sekilas dan membaca kata-kata sulit. 3. Siswa mendiskusikan arti kata-kata sulit dengan teman sekelompoknya. 4. Siswa membaca puisi dengan lafal yang tepat melalui penugasan. 5. Guru membimbing membaca puisi yang benar. 6. Guru memberi ujian. | 5 5 3 5 5 2 |
C. Penutup
Kegiatan | Waktu |
1. Mengadakan penilaian (evaluasi) 2. Rangkuman 3. Tindak lanjut dengan memberikan PR 4. Guru memberi nasehat | 1 1 1 1 |
IX. Penilaian :
1. Teknik penilaian : terlampir
2. Instrumen : terlampir
3. Bentuk tes : terlampir
0 komentar:
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
Posting Komentar