LAMPIRAN :
· Teknik Penilaian : Tes Tindakan
· Instrumen :
BUKU / BACAAN SISWA
( B / B S )
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V / I
Hari/Tanggal :
Alokasi Waktu : 1 x 35 menit
A. Judul : Membaca Puisi
B. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat membaca puisi dengan lafal yang tepat
C. Uraian Materi
Membaca Puisi
Membaca puisi sangat menyenangkan. Saat membaca puisi kamu dapat menikmati keindahan bahasa, kamu juga dapat belajar.
Membaca puisi tidak sama dengan membaca prosa. Perhatikan hal-hal berikut agar kamu dapat membaca puisi dengan baik. Pada saat membaca puisi harus memperhatikan hal-hal berikut :
· Ucapkan setiap kata dengan jelas. Setiap kata dalam puisi harus diucapkan dengan jelas.
· Sesuaikan kuat lemah, tinggi rendah, panjang pendeknya nada setiap kata dengan maknanya. Puisi sering tidak menggunakan tanda ( , ) dan tanda ( . ) oleh karena itu kita harus memberikan tanda penjedaan.
Tanda yang lazim digunakan adalah :
· Tanda / : Tanda berhenti sejenak (jeda pendek)
· Tanda // : Tanda berhenti panjang (jeda panjang)
Contoh Puisi
ILMU
Karya : S. Nadrotul Ain
Ilmu semua orang
Memerlukanmu
Aku belajar dengan tekun
Untuk mendapatkanmu
Buku adalah sumbermu
Bagai makanan
Yang kusantap setiap waktu
Tanpa ilmu
Aku tak berguna
Di dunia ini
***
D. Contoh Soal/Latihan (tes praktik/tindakan)
· Lakukan membaca puisi dengan lafal yang tepat!
E. Kunci jawaban
· Unsur yang dinilai adalah pelafalan
· Skor bergerak 10 – 50
F. Pedoman Penskoran :
Jumlah skor perolehan
Nilai Akhir = ------------------------------- x 10
Nilai Akhir = ------------------------------- x 10
Jumlah skor maksimal
G. Daftar Pustaka
Suyatno, H. dkk. 2008. Indahnya Bahasa dan Sastra Indonesia. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
www.smasim_09webs.com
0 komentar:
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
Posting Komentar