Pages

Rabu, 12 Mei 2010

Virginia Apgar

Virginia Apgar (7 Juni 1909– 7 Agustus 1974) adalah seorang dokter wanita Amerika Serikat. Dia adalah ahli di bidang anastesi, teratologi dan pendiri bidang neonatologi. Bagi khayalak ramai dia terkenal sebagai penemu metode penentuan kesehatan bayi yang baru lahir yang dikenal sebagai Skor Apgar. Hasil penemuan ini telah mengurangi jumlah kematian bayi di seluruh dunia.

Daftar Isi

Biografi
Apgar lulus dari pendidikan di Mount Holyoye College pada tahun 1929 dan kemudian dari Columbia University College of Physician & Surgeon pada tahun 1933. Virginia menyelesaikan residency sebagai dokter bedah pada tahun 1937. Walaupun demikian dia tidak disarankan untuk mempraktekan pembedahan oleh Dr. Allen Whipple. Pada tahun 1938 ia menempuh pendidikan dalam bidang anestesia dan kembali ke Columbia pada tahun 1938 sebagai direktur departemen anestesia.

Pada tahun 1949 Virginia Apgar menjadi wanita pertama yang dianugerahkan gelar profesor di Columbia University P&S. Pada tahun 1953 dia mengenalkan tes pertama yang dikenal sebagai Skor Apgar bagi bayi yang baru lahir. Dalam test itu dicatat kondisi bayi 1 menit, 5 menit dan 10 menit setelah lahir.
Apgar tidak pernah menikah, dan meninggal pada 7 Agustus 1974 di Columbia-Presbyterian Medical Center.


Karya yang dipublikasikan
  • Lebih dari enam puluh makalah ilmiah
  • Makalah-makalah untuk media massa populer

    Penghargaan

    www.smasim_09webs.com

      0 komentar:

      Posting Komentar